Jenis-jenis kelinci


Ras kelinci memiliki ukuran, warna dan panjang bulu, pertumbuhan dan pemanfaatan berbeda-beda antara satu dan lainnya.Ada lebih dari 72 jenis yang menyebar dari segala penjuru dunia. Tapi dari sekian banyak ras, saat ini beberapa ras termasuk kelinci ternak yang di kembangkan secara komersial di negara-negara Eropa, Amerika, dan bahkan Bandung (hehehe salah ya, Indonesia maksudnya). Ras-ras kelinci tersebut antara lain sebagai berikut :

Angora

Anggora rabbit

Asal usul kelinci ras Angora kurang jelas. Konon, berasal dari kelinci liar yang berkembang secara mutasi dengan spesifik berbulu panjang. Angora pertama kali di temukan dan di bawa oleh pelaut Inggris, kemudian di bawa ke Perancis tahun 1723. Tahun 1777 Angora menyebar ke Jerman . Tahun 1920 meluas ke negara-negara Eropa Timur, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat. Sampai kini Prancis menjadi pusat peternakan kelinci Angora terbesar yang menhasilkan wool. Angora dewasa berbobot 2.7 kg, baik jantan maupun betina. Pertumbuhan bulunya yang sangat cepat yakni 2.5 cm per bulan, membuat kita hatus rajin mencukurnya 6-8 cm tiap tiga bulannya. Karena kalo di biarkan tumbuh, bulunya akan cenderung kusut dan menggumpal, gak cantik lagi deh.

American Chinchilla

Chincilla

Kelinci ras ini dibedakan jadi tiga tipe, yaitu standar besar (bobot dewasa 4.5-5 kg), giant (bobot dewasa 6-7 kg). Semua di manfaatkan untuk ternak dwiguna yaitu produksi fur dan daging. Kelinci raksasa alias Giant Chinchilla merupakan hasil persilangan antara Standard Chinchilla dan Flemish Giant.

Lyon

Sesungguhnya lyon adalah angora inggris yang tidak jadi kupingnya pendek, wajahnya di penuhi bulu-bulu panjang, mirip seperti lion (singa) tapi yang ini sih gak serem, malah cenderung lucu. Karena masih saudara dekat dengan angora, maka tiap 3 bulan sekali kita harus rajin mencukur bulunya yang cepat tumbuh.

Dutch

dutch rabbit

Ras dutch (Belanda) sangat terkenal di seluruh dunia sebagai hewan hias piaraan. bobot dewasa jantan dan betina antara 1.5-2,5 kg. Betina bersifat keibuan fertilitasnya tinggi. Setiap kali melahirkan, kelinci menghasilkan anak 7-8 ekor. Warna bulunya khas, melingkar seperti pelana berwarna putih dari punggung terus ke leher sampai kaki depan bagian belakang dan kepala hitam,cokelat atau abu-abu.Moncong dan dahi putih. Kaki depan seluruhnya putih.Kaki belakang hitam atau warna lain dengan ujung kaki putih.Ada pula yang sekaligus memiliki 3 macam warna, sering di sebut Tricolored Dutch.

Himalayan

himalayan rabbit

Ras ini sekarang lagi banyak banget di cari, naik daun deh, harganya masih selangit sekarang. Banyak yang meyakini asalnya dari Cina sebab di sana banyak di jumpai kelinci ini. Mula-mula di bawa dari cina ke Eropa sebagai pengisi kebun binatang dan dikenal dengan nama ‘Kelinci hidung hitam dari Cina’. Warna hitam pada kaki mulai timbul pada umur 3-4 minggu, mula-mula pucat lalu menjadi hitam. Himalayan yang disilangkan dengan New Zealand White, anak-anaknya menyerupai Himalayan. Kalau disilangkan dengan kelinci berwarna lain, keturunannya tak ada yang menyerupai Himalayan

Dwarf


Kelinci imut yang satu ini ternyata berasal dari negri asal Hitler yaitu Jerman namun walaupun begitu kelinci ini tidak sebengis sang diktator. Kelinci ini sebenarnya lebih banyak dikembangkan di negara kicir yaitu Belanda sehingga dinamakan Nederland Dwarf. Karakteristik fisik dari bagian mata terlihat seperti model gothic dengan lingkaran hitam di sekitar matanya sehigga tampak juga seperti ninja. Pada bagian punggungnya terdapat warna hitam bergaris lurus dan beberapa titik hitam kecil disekitarnya. Berat tubuhnya pada umur dewasa berkisar 1,4-1,8 Kg.
Jenis kelinci ini memang memiliki sifat agresif dan sedikit nakal. Larinya kencang dan sulit sitangkap. Sehingga si pemiliknya bisa kewalahan jika kelinci ini sedang bermain di lapang. Kelinci ini memiliki keahlian bisa meompat setinggi 1 meter

Polish


Kelinci kelahiran pada tahun 1884 di Belanda. Memiliki berat badan yang sedikt lebih berat dari Netherland Dwarf, yaitu 1,3 Kg. Tubuhnya lucu seperti kapsul padat dan mungil. Seekor induk betina polish mampu mengahsilkan 4 ekor anak. Umur kehidupannya berkisar antara 5-7 tahun dan mungkin bias lebih lama lagi.Matanya tajam dengan telinga pendek bulat meruncing adalah ciri khas sang kelinci.

Tan


Kelinci dari negri Paman Sam ini memiliki bulu yang mengkilap. Biasanya pada bagian punggugnya hitam atau abu, sedangkan bawah perut sampai dagunya berwarna coklat kemerah-merahan tajam. Kelinci ini sangat menenyenagkan kalu dilihat palagi ketika berdiri. Badannya ramping dengan tingkah yang lincah. Bobot badannya berkisar antara 1,8-2,6 Kg. Populasi beranak pada sang induk yang produktif  rata-rata 6-8 ekor. Di negaranya dan di Daratan Eropa, Tan dimanfaatkan sebagai hewan piaraan karena sangat jinak dan mengundang iba. Sebagian peternak mengambil manfaat dari bulunya yang tajam mengkilap.

Harlequin

Kelinci ini berasal dari perancis. Kelinci ini masih jarang di Indonesia. Keunikan pada bulunya karena Harlequin memiliki corak aneka warna yang unik berupa garis belang-belang di sekujur badannya. Berat badan kelinci ini berkisar 2,7-3,6 Kg. Masa hidupnya mencapai 5-7 tahun. Induk yang produktif mampu mengahsilakn 6 ekor , terkadang 10 ekor.

English Spot



Si kelinci dalmation ini berasal dari Inggris dan dikenal memiliki badan yang besar dengan bulu dasar putih halus dengan totol hitam, coklat, abu-abu, atau hijauan ( toska) di sekitar tubuhnya layaknya anjing dalam film Dalmation, telinga, mata dan hidungnya, mirip seperti Rex Totol hitam. Orang yang belum mnegenal perbedaan kelinci, bias jadi binggung membedakan antara jenis Rex Totol dan English Spot. Namun jika dicermati lagi terletak perbedaan pada karakter bulu. English berbulu halus memanjang sedangkan Rex berbulu beludru lembut. Badan English Spot dewasa berbobot 2,5-3,9 Kg. Umurnya dapat mencapai 5-8 tahun. Masa prosuktif induk 5,5 bulan hingga 3 tahun. Induknya dapat menhasilkan berskisar 3-5 namun terkadang 6-8 ekor. Karakternya yang jinak dan tidak terlalu rewel. Anda harus menyiapakan bata tau kayu untuk media mengerat si kelinci karena pertumbuhan kukunya cepat dan besar.

terima kasih atas perhatiannya …kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan saja….

2 Comments (+add yours?)

  1. warnaKelinci
    Jun 26, 2012 @ 05:24:18

    Penjabaran materinya bagus, menarik.
    Dutch dan english spot keren banget, jadi kepengen punya english spot.

    Reply

  2. rabbitranch
    Dec 06, 2009 @ 02:42:14

    kelinci-kelinci memnang ga da matinya……….masih banyak jenis2 lainnya yang mungkin belum ditemukan

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: