Prasyarat kandang yang ideal untuk kelinci


Ada dua aspek yang perlu diperhatikan dalam perkandangan kelinci. Pertama adalah, rumah kandang yaitu rumah yang melindungi kelinci dari segala faktor cuaca yang merugikan. Fungsi dari rumah ini untuk keamanan. Yang kedua yaitu kandang untuk setiap individu kelinci itu sendiri.Yang diantaranya kandang koloni untuk para anak kelinci yang baru lepas sapih dan untuk kelinci remaja.

Kedua aspek diatas sering dianggap hal yang sepele. Banyak orang yang menjadikan lingkungan rumahnya untuk dijadikan arana memelihara kelinci tanpa melihat maalah dari cuaca dan keamanan klinci itu sendiri.Hal itu bisa dilakukan tapi tidak baik dalam pertumbuhan kelinci tersebut.

Kelinci merupakan hewan yang sensitive terhadap keadaan dan membutuhkan kondisi yang tenang. Hal ini sangat berpengaruh pada kondisi stress kelinci yang sedang hamil. Sebaiknya dihindari terlalu banyak lalu lalang orang di sekitar kandang kelinci.

Prinsip yang perlu diperhatikan dalam penempatan kandang :

  1. Kandang tidak diperkenankan dekat dengan selokan atau tempat pembuangan sampah.
  2. Posisi kandang sebaiknya di tempat mendatar, tidak berada di lingkungan lereng bukit sehingga mengurangi dampak buruk yang ditumbulkan angin
  3. Lokasi kandang sebaiknya dekat dengan rumah, berjarak antara 10-20 meter, hal ini agar memudahkan dalam mengontrol kondisi kelinci.
  4. Sinar matahari pagi sangat penting bagi kelinci untuk itu kandang kelinci sebaiknya tersinari matahari pagi dan terlindungi matahari siang.
  5. Buat lah kondisi kandang sealami mungkin karena kelinci nyaman jika kesehariannya meyaksikan hijauan-hijauan dan yang biasa ada di habitat aslinya.
  6. Keberadaan kandang terjaga dan nyaman suhu yang baik yaitu berkisar antara 15 – 22 derajat Celsius. Kebersihan kandang pun menjadi factor mutlak yang wajib untuk selalu terjaga. Kelembaban kandang pun perlu diperhatikan hal ini utuk mengurangi resiko penyebaran penyakit.

Lantai Kandang

Hal yang perlu dipikirkan jika membuat lantai kandang yaitu lantai kandnag harus memudahkan dalam pembersihan. Efektifitas menyapu dan mengepel harus menjadi prioritas.

Pada umumya kandang terbuat dari semen atau tegel yang sangat efekif dlam pembersihan.Usahakan lantai mudah dialiri air dan mudah utuk dibersihkan. Hal ini diperlukan agar urin dan kotoran kelinci dapat dibersihkan, dinagkut dan ditampung untuk kemudian dpat dimanfaatkan. Lantai kandang pun biasanya dilengkapi dengan gorong2 yang memudahkan dalam menangani kotoran agar tidak menumpuk dan urin dapat dialiri ke tempat penampungan.

Kandang individu

Prasyarat kandnag yang nyaman sudah kita ketahui bersama untuk itu perlu juga diketahui kandang yang baik untuk setiap individu kelinci. Kandang yang baik bukan hanya menguntungkan kelinci saja tapi juga menguntungkan diri Anda yang merawat dan membersihkan kandang kelinci setiap hari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

–          Kandang berbahan kayu, bamboo, kawat atau besi harus kuat dan tidak mudah rusak oleh gigitan kelinci.

–          Kandang harus memperhatikan ventilasi yang baik agar tidak pengap

–          Pintu kandang harus mudah dibuka dan dikunci agar kelinci tidak meloncat keluar.

–          Kandang dilengkapi sela-sela pada bagian alas yang memudahkan kotoran dan urine keluar serta sisa-sisa makanan. Namun jarak sela-sela jangan terlalu jauh agar kelinci tidak teperosok.

–          Kandang harus mudah dibersihkan

–          Penempatan tempat pakan dan minum harus kokoh agar tidak mudah terbalik.

Kandang yang memakai kawat lebih awet dibandingkan bahan bamboo dan kayu. Namun kawat yang baik haruslah yang bebas karat. Modal untuk kandnag besi jika untuk jangka panjang memang lebih murah dibandingkan bahan lainnya hal ini dikarenakan kandang besi yang terawatt dapat tahan hingga 10 tahun, sedangkan kandnag bamboo dan kayu paling lama hanya 3-5 tahun. Hal ini dikarenakan sifat kelinci yang senang mengasah giginya dang menggerogoti bahan tersebut.

Namun sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk bahan dalam pembuatan kandang, namun yang harus diperhatikan aspek ekonomis dan efisiensi bahan.

7 Comments (+add yours?)

  1. hajir
    May 21, 2013 @ 06:53:54

    kelinci saya usia anak 30 hari sudah melahirkan lagi apa tidak berpengaruh pada pertumbuhan dan ketahanan tubuh

    Reply

  2. ukanda
    May 10, 2013 @ 10:03:50

    kelinci saya ketika didekati jantan berulang-ulang, si betina sering mengeluarkan suara geram. apakah itu sudah bunting?

    Reply

  3. warnaKelinci
    Jun 26, 2012 @ 05:28:39

    nice info, banyak ya type kandan untuk kelinci.

    Maaf numpang promosi..hehe..🙂
    jika ingin tau jenis rumput-rumputan untuk kelinci, Anda bisa berkunjung ke blog saya, bisa klik pada nama -warnakelinci-.
    Thanks

    Reply

  4. ilman
    Aug 04, 2011 @ 03:25:54

    mo nanya nih,jenis rumput nya,apa

    Reply

  5. alwy
    Jan 11, 2011 @ 04:28:52

    tumbuhan hijau maksud okta seperti apa?

    Reply

  6. okta
    Dec 20, 2010 @ 10:51:17

    Mas, kan dirumah saya ga ad tumbuhan yang hijau2 gitu ….
    apa tidak apa apa untuk kelincinya ??

    Reply

  7. rabbitranch
    Dec 06, 2009 @ 02:39:43

    silahkan meninggalkan comment tentang apapun

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: